Notification

×

Iklan

Iklan

ATR/BPN Dorong Strategi Komunikasi Terpadu untuk Tingkatkan Kepercayaan Masyarakat

Minggu, Oktober 19, 2025 | 16.45 WIB | 0 Views Last Updated 2025-11-23T12:55:49Z

 

Sosialisasi dan Evaluasi Implementasi Strategi Komunikasi dan Pengelolaan Pengaduan di lingkungan Kanwil BPN Provinsi Banten (Photo: Istrimewa) 


Realitynews.web.id | BANTEN — Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Protokol Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Harison Mocodompis, menegaskan bahwa komunikasi efektif merupakan kunci utama dalam membangun kepercayaan masyarakat terhadap institusi pemerintah.


“Komunikasi itu penting. Interaksi yang baik akan membangun pemahaman, hubungan kuat, dan kepercayaan publik. Kalau kita mencintai masyarakat, maka pilihlah cara berkomunikasi yang sesuai dengan apa yang mereka inginkan,” ujar Harison dalam kegiatan Sosialisasi dan Evaluasi Implementasi Strategi Komunikasi dan Pengelolaan Pengaduan di lingkungan Kanwil BPN Provinsi Banten, Selasa (14/10/2025).


Harison menjelaskan, strategi komunikasi yang efektif perlu menyasar empat kelompok utama: masyarakat umum, mitra strategis seperti perguruan tinggi dan lembaga non-pemerintah, instansi pemerintah lain, serta media atau jurnalis. “Tujuannya agar mereka memahami tugas dan fungsi ATR/BPN secara utuh,” jelasnya.


Dalam kesempatan itu, ia juga memperkenalkan empat model strategi komunikasi P.E.S.O (Paid, Earned, Shared, Owned Media) sebagai pendekatan terpadu dalam membangun citra positif lembaga.


Sementara itu, Kepala Kanwil BPN Provinsi Banten, Sudaryanto, memaparkan bahwa seluruh kantor pertanahan (Kantah) di wilayahnya kini telah memiliki unit kehumasan yang aktif dalam menyebarluaskan informasi positif.


“Semua sudah punya tim humas dan aktif menginformasikan kegiatan positif untuk mengimbangi konten negatif,” ujarnya.


Selain sosialisasi komunikasi, kegiatan ini juga diisi pengarahan dari Kepala Bagian Informasi Publik dan Pengaduan Masyarakat, Adhi Maskawan, yang menekankan pentingnya sistem pengaduan publik yang cepat, transparan, dan terstruktur.


Berdasarkan penilaian Indeks Strategi Komunikasi dengan skala 4, Kanwil BPN Provinsi Banten mencatat skor 3,66, menunjukkan kinerja komunikasi publik yang tergolong baik.


Acara turut dihadiri oleh Kepala Subbagian Pemberitaan dan Media Arie Satya Dwipraja, Kepala Subbagian Pengaduan Masyarakat Tegar Gallantry, serta jajaran Kanwil BPN Banten lainnya.


Kegiatan ini menjadi bagian dari upaya berkelanjutan Kementerian ATR/BPN dalam memperkuat komunikasi publik dan pelayanan informasi yang profesional, modern, serta terpercaya. (*) 



TUTUP IKLAN
TUTUP IKLAN
×
Berita Terbaru Update