Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

UPP Kelas III Selayar Gelar Forum Konsultasi Publik, Bahas Peningkatan Layanan Pelabuhan

Selasa, Oktober 28, 2025 | 17.28 WIB | 0 Views Last Updated 2025-10-28T09:28:20Z

 

Kantor UNIT Penyelengara Pelabuhan (UPP) Kelas III Selayar gelar Forum Komunikasi Publik membahas peningkatan layanan pelabuhan di Kabupaten Kepulauan Selayar (Photo: realitynews.web.id)


Realitynews.web.id | SELAYAR — Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Selayar, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, menggelar Forum Konsultasi Publik (FKP) untuk membahas peningkatan standar pelayanan di lingkungan pelabuhan, Selasa (28/10/2025).


Kegiatan yang berlangsung di Terminal Penumpang Pelabuhan Benteng Selayar ini dihadiri berbagai pemangku kepentingan dari sektor transportasi laut dan pelayanan publik di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. 


Kepala Kantor UPP Kelas III Selayar, Capt. Romy Sumardiawan, M.Mar., M.H., dalam keterangannya kepada media mengatakan, FKP merupakan implementasi dari Peraturan Menteri PANRB Nomor 16 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyelenggaraan Forum Konsultasi Publik di lingkungan unit penyelenggara pelayanan publik.


“FKP menjadi wadah dialog dan evaluasi agar standar pelayanan kami lebih responsif terhadap kebutuhan masyarakat pengguna jasa pelabuhan,” ujar Capt. Romy kepada realitynews.web.id.


Forum ini menghadirkan perwakilan dari unsur pemerintah daerah, lembaga pendidikan, kepolisian, perusahaan pelayaran, BUMN, awak kapal dan media lokal, diantaranya Dinas Perhubungan Kabupaten Kepulauan Selayar, ITSB Muhammadiyah Selayar, Satpolair Polres Selayar, PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Selayar, PT Dharma Lautan Utama, PT Jasa Raharja, beberapa awak kapal di Pelabuhan Benteng serta sejumlah media online lokal.


Forum Konsultasi Publik UPP Selayar hadirkan berbagai stakeholder bahas kualitas layanan dan kepuasan pengguna jasa pelabuhan (Photo: realitynews.web.id) 

Capt. Romy berharap kegiatan ini dapat memperkuat komunikasi antara penyedia layanan dan masyarakat pengguna jasa pelabuhan.


“Tujuannya agar terwujud pelayanan pelabuhan yang efektif, transparan, dan berorientasi pada kepuasan publik,” tambahnya.


Dari pantauan realitynews.web.id, forum diskusi tersebut dibagi dalam dua sesi. Sesi pertama diisi dengan pemaparan materi oleh narasumber, sementara sesi kedua difokuskan pada diskusi terbuka antara peserta dan penyelenggara.


Sejumlah narasumber yang tampil dari Kantor UPP Kelas III Selayar antara lain:


  • Basri, S.E., PIC Penerbitan Surat Persetujuan Berlayar, memaparkan SOP penerbitan surat persetujuan berlayar.
  • Roswati Burhan, PIC Pelayanan Kapal dan Barang, menjelaskan SOP pelayanan kapal dan barang melalui aplikasi Inaportnet.
  • Hasbullah, S.Sos., PIC Pengukuran dan Penerbitan Surat Ukur, membahas SOP pengukuran kapal dan penerbitan surat ukur.
  • Syahrullah, S.Ap., PIC Penerbitan Surat Tanda Kebangsaan, memaparkan SOP penerbitan Surat Tanda Kebangsaan Kapal (Pas Kecil/Besar).
  • Heri, A.Md., PIC Pemeriksaan dan Penerbitan Sertifikat Keselamatan, menjelaskan SOP pemeriksaan dan penerbitan Sertifikat Keselamatan Kapal serta beberapa Jenis pelayanan terkait.


Melalui forum ini, para narasumber berharap seluruh pihak dapat memahami prosedur pelayanan pelabuhan dengan lebih baik.


“Kami berupaya meningkatkan efisiensi, keselamatan dan keamanan , serta kualitas layanan di lingkungan UPP Kelas III Selayar,” tutup Capt. Romy. (AR)

TUTUP IKLAN
TUTUP IKLAN
×
Berita Terbaru Update