Rumah BUMN PLN Kepulauan Selayar melaksanakan Pelatihan Optimasi Digital Marketing di hari Sabtu, 11 September 2021 -----------------------------------
NBISNIS.ID, BENTENG - Rumah
BUMN PLN Kepulauan Selayar hadir sejak Tahun 2019. Rumah BUMN PLN Kepulauan
Selayar melaksanakan Pelatihan Optimasi Digital Marketing di hari Sabtu, 11
September 2021 pukul 19.00 Wita di Gedung Rumah BUMN PLN Selayar
beralamat di Jalan RA Kartini Benteng Selayar. Kegiatan ini merupakan
salah satu program manajemen tim kerja.
Dalam kegiatan tersebut dihadiri 20 orang peserta Pelaku
UMKM binaan Rumah BUMN PLN Kepulauan Selayar. Saat ini hampir 70 UMKM yang
terdaftar dalam binaannya yang terdiri dari berbagai jenis usaha antara
makanan, minuman, jasa, perikanan dan pertanian.
Hal ini bertujuan untuk membantu UMKM dalam upaya
meningkatkan akses pemasaran dan untuk menarik konsumen dan calon konsumen
secara cepat. Sebab UMKM memiliki peran penting dalam memakmurkan ekonomi
negara, baik melalui lingkungan kerja, yang mendorong peningkatan kesejahteraan
serta inovasi baru. Hal ini sesuai Visi Misi Rumah BUMN yakni mendampingi
dan mendorong para pelaku UKM dalam menjawab tantangan utama usaha UKM dalam
hal Peningkatan kompetensi, pengembangan peningkatan Akses Pemasaran dan
Kemudahan akses Permodalan.
Seperti yang kita ketahui saat ini, penerimaan teknologi
dan internet di masyarakat sangat luas. kita tidak heran lagi sudah
banyak yang melakukan kegiatan pemasaran secara digital yang dijadikan pilihan
utama oleh perusahaan-perusahaan dewasa ini. “Pemanfaatan teknologi
digital wajib dilakukan dan diterapkan oleh pelaku UMKM dalam upaya perluasan
akses pemasaran dan meningkatkan penjualan” Ungkap Ibu Nur Ramdani selaku
Kepala Rumah BUMN PLN Kepulauan Selayar kami saat diwawancarai.
Dalam pelatihan tersebut tim management menghadirkan
seorang Profesional Digital Marketing Muh. Anugrah Zakir sebagai
narasumber. Saat ini dia sudah bisa menghasilkan uang puluhan Juta rupiah
perbulan tanpa membuat atau memproduksi produk sendiri. Usahanya dimulai
dengan cara memanfaatkan toko online dan platform media sosial miliknya sebagai
tempat menjual dan promosi produk dari produsen yang sebelumnya tentu sudah ada
kontrak kerja sama. Dalam sesi perkenalan dengan peserta dia menceritakan
pengalamannya. Di kesempatan itu juga, dia menjelaskan pentingnya
penggunaan dan pemanfaatan digital dalam pemasaran. Dalam paparannya
selanjutnya, dia menjelaskan cara memulai pemasaran digital dalam pemasaran
produk ke konsumen seluruh dunia.
(Andi Rusman/SBN)




