![]() |
Salah satu contoh gangguan jaringan listrik yang mengakibatkan listrik padam di kabupaten kepulauan selayar (Photo: Ilustrasi) |
Sebagai bentuk respon, PT PLN (Persero) menyatakan bahwa pihaknya tetap berkomitmen menyediakan pasokan listrik yang andal dan meningkatkan pelayanan hingga ke pelosok negeri. Salah satu langkah konkret yang dilakukan adalah mempercepat pemulihan pasokan melalui manajemen beban, menyusul pekerjaan peningkatan keandalan sistem di pembangkit listrik setempat.
Manager PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Selayar, Noharmin Takbi, mengungkapkan bahwa saat ini tenaga ahli PLN telah diturunkan ke Selayar guna mempercepat proses perbaikan dan stabilisasi jaringan listrik.
"Jarak aman jaringan listrik dengan pohon adalah 3 meter. Kami memohon partisipasi masyarakat agar dapat aktif dalam melaporkan kepada PLN apabila ada pohon yang sudah mendekati jaringan karena sangat berdampak pada keandalan pasokan. Selain itu, faktor keselamatan juga menjadi hal yang penting apabila pohon sudah mendekati jaringan," jelas Noharmin.
Sebagai bagian dari upaya tambahan, PLN Indonesia Power memastikan bahwa mesin sewa pendukung operasional PLTD Selayar telah diberangkatkan dari Jawa Timur dan dijadwalkan tiba di Selayar pada 5 Agustus 2025.
"Insya Allah hari ini mesin sewanya berangkat dari Surabaya ke Selayar," ujar Muh. Fathurrohman Wahab dari PLN IP PLTD Selayar, Sabtu (02/08/2025).
Sebelumnya, mesin tersebut dikirim dari Sidoarjo menuju Surabaya pada Jumat malam. Seiring pengiriman itu, tim manajemen juga melakukan sterilisasi akses dan pembukaan jalur manuver bagi kendaraan berat yang akan membawa mesin menuju lokasi penempatan di gudang terbuka.
Sementara itu, Manajemen PLTD Selayar, Agum Pratama, menyampaikan bahwa seluruh proses administrasi dan nilai kontrak sewa ditangani langsung oleh kantor pusat PLN Indonesia Power (HO IP).
"Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami pelanggan dan terima kasih atas kepercayaannya kepada PLN," tutup Noharmin.
PLN menyatakan akan terus bekerja optimal untuk menormalkan kondisi kelistrikan di Selayar dan memastikan layanan kembali stabil bagi seluruh pelanggan. (*)