Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Tak Perlu Antri Lama, Fitur Antrian Online di Aplikasi Sentuh Tanahku Permudah Urus Sertipikat Tanah

Jumat, November 07, 2025 | 22.02 WIB | 0 Views Last Updated 2025-11-07T14:02:24Z

 

Proses pelayanan pertanahan menjadi lebih pasti dan efisien melalui aplikasi Sentuh Tanahku (Photo: Istrimewa) 


Realitynews.web.id | KARAWANG — Warga kini tak perlu lagi menunggu lama di loket pelayanan Badan Pertanahan Nasional (BPN). Melalui fitur Antrian Online yang tersedia dalam aplikasi Sentuh Tanahku, masyarakat dapat mengatur waktu kedatangan dan mengetahui jadwal pasti pelayanan mereka di kantor pertanahan.


Kemudahan itu dirasakan langsung oleh Indri, warga Kabupaten Karawang, saat mengurus peningkatan hak tanah di Kantor Pertanahan (Kantah) setempat.

“Saya merasakan kemudahan. Ini sudah dua kali saya mengurus sertipikat pakai Antrian Online. Kalau dulu kayak gambling, datang pagi tapi belum tentu cepat dilayani,” ujar Indri saat ditemui di Kantah Karawang, Selasa (29/10/2025).


Menurutnya, layanan digital ini membuat proses pelayanan menjadi lebih pasti dan efisien.

“Sekarang udah enak, bisa lihat jam berapa giliran kita. Jadi gak perlu nunggu lama di kantor,” tambahnya.


Indri datang untuk mengurus peningkatan hak dari Hak Guna Bangunan (HGB) menjadi Hak Milik (HM) atas bangunan rumah toko miliknya. Meski sempat bingung di awal, ia mengaku penggunaan aplikasi Sentuh Tanahku cukup mudah dipahami.

“Kadang kalau agak bingung, saya tanya ke anak. Tapi ternyata gampang setelah dicoba,” ujarnya sambil memperlihatkan tampilan aplikasi di ponselnya.


Setelah merasakan manfaatnya, Indri menyayangkan masih banyak masyarakat yang belum mencoba layanan digital ini.

“Banyak yang belum tahu aja. Kalau sudah coba pasti ngerasain sendiri kemudahannya. Selama ini orang lebih suka datang langsung dan ambil nomor antrian, padahal dengan online kita bisa atur waktu,” kata dia.


Fitur Antrian Online di Sentuh Tanahku tidak hanya memudahkan pemohon seperti Indri, tetapi juga membantu meningkatkan ketertiban, efisiensi, dan transparansi pelayanan di kantor pertanahan.


Ke depan, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) mendorong agar pemanfaatan layanan digital terus meluas, sehingga semakin banyak masyarakat yang merasakan kemudahan tanpa harus antri panjang.

“Sekarang pelayanan BPN sudah bagus menurut saya. Jauh lebih baik dari dulu,” tutup Indri. (*) 


TUTUP IKLAN
TUTUP IKLAN
×
Berita Terbaru Update