![]() |
| Proses pelayanan pertanahan menjadi lebih pasti dan efisien melalui aplikasi Sentuh Tanahku (Photo: Istrimewa) |
Kemudahan itu dirasakan langsung oleh Indri, warga Kabupaten Karawang, saat mengurus peningkatan hak tanah di Kantor Pertanahan (Kantah) setempat.
“Saya merasakan kemudahan. Ini sudah dua kali saya mengurus sertipikat pakai Antrian Online. Kalau dulu kayak gambling, datang pagi tapi belum tentu cepat dilayani,” ujar Indri saat ditemui di Kantah Karawang, Selasa (29/10/2025).
Menurutnya, layanan digital ini membuat proses pelayanan menjadi lebih pasti dan efisien.
“Sekarang udah enak, bisa lihat jam berapa giliran kita. Jadi gak perlu nunggu lama di kantor,” tambahnya.
Indri datang untuk mengurus peningkatan hak dari Hak Guna Bangunan (HGB) menjadi Hak Milik (HM) atas bangunan rumah toko miliknya. Meski sempat bingung di awal, ia mengaku penggunaan aplikasi Sentuh Tanahku cukup mudah dipahami.
“Kadang kalau agak bingung, saya tanya ke anak. Tapi ternyata gampang setelah dicoba,” ujarnya sambil memperlihatkan tampilan aplikasi di ponselnya.
Setelah merasakan manfaatnya, Indri menyayangkan masih banyak masyarakat yang belum mencoba layanan digital ini.
“Banyak yang belum tahu aja. Kalau sudah coba pasti ngerasain sendiri kemudahannya. Selama ini orang lebih suka datang langsung dan ambil nomor antrian, padahal dengan online kita bisa atur waktu,” kata dia.
Fitur Antrian Online di Sentuh Tanahku tidak hanya memudahkan pemohon seperti Indri, tetapi juga membantu meningkatkan ketertiban, efisiensi, dan transparansi pelayanan di kantor pertanahan.
Ke depan, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) mendorong agar pemanfaatan layanan digital terus meluas, sehingga semakin banyak masyarakat yang merasakan kemudahan tanpa harus antri panjang.
“Sekarang pelayanan BPN sudah bagus menurut saya. Jauh lebih baik dari dulu,” tutup Indri. (*)




